Dosen Pembimbing Akademik (DPA) adalah seorang dosen yang diberi tugas khusus di samping mengajar juga untuk mengelola status mahamahasiswa tertentu. Adapun peran-peran dosen pembimbing akademik terdiri dari: pengelola kelas, organisator, fasilitator, pembimbing, informator, dan motivator. Minat merupakan suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan dan kebutuhannya sendiri. Adapun tiga faktor yang mendasari timbulnya minat antara lain: faktor dorongan dalam, faktor motivasi sosial, dan faktor emosional. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan DPA dalam meningkatkan minat belajar mahamahasiswa Regular Glory ’21 di Politeknik Cendana. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan mengambil seluruh populasi sebagai sampel yaitu sebanyak 20 orang dengan teknik sampling jenuh. Dengan hasil analisis data pada uji koefisien korelasi didapatkan 0,986. Untuk koefisien determinasi, hasil yang diperoleh dari peranan dosen pembimbing akademik dalam mempengaruhi minat belajar mahamahasiswa sebesar 97,2% dan sisanya sebesar 2,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ditemukan adanya pengaruh yang signifikan antara peranan dosen pembimbing akademik dalam meningkatkan minat belajar mahamahasiswa.
Copyrights © 2023