Aktivitas Belajar, terutama aktivitas bertanya dan menjawab pertanyaan sangat penting dalamproses pembelajaran, kenyataan yang terjadi selama ini adalah aktivitas belajar berupakemampuan dalam bertanya dan menjawab pertanyaan peserta didik rendah. Penelitian inibertujuan untuk: (1) meningkatkan kualitas proses pembelajaran; (2) meningkatkan aktivitasbelajar peserta didik; dan (3) meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik kelas IX A melaluimodel problem based learning (PBL) berbantuan media gambar di SMP Negeri 1 Kandeman.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, menggunakan desain spiral Kemmis &Taggart. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Pembelajaran dengan model PBLberbantuan media gambar dapat diterapkan pada pembelajaran IPS kelas IX A di SMP N 1Kandeman Batang, ada peningkatan rata-rata dari lima tahapan PBL, pada siklus 1 rerata 65,00(baik) dan siklus II rerata 85,00 (sangat baik). (2) Ada peningkatan rata-rata dari enam indikatoramatan aktivitas belajar peserta didik, pada siklus I rerata skor 61,27 (aktif) dan siklus II rerataskor 82,80 (sangat aktif). (3) Ada peningkatan ketuntasan hasil belajar IPS peserta didik, padasiklus I ketuntasan belajar 70,59% dengan rerata nilai 71,91; dan siklus II 85,29% dengan reratanilai 85,15. Penerapan Model PBL berbantuan media Gambar dapat meningkatkan aktivitasdan hasil belajar IPS.
Copyrights © 2023