Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan
Vol 3, No 03 (2023)

Perancangan Game Edukasi Belajar Matematika Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Android Dengan Pengembangan Model Luther

Irvin Hasiba Mayori Sudianto (Universitas Indraprasta PGRI)
Alusyanti Primawanti (Universitas Indraprasta PGRI)
Didik Nur Huda (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2023

Abstract

Game  Edukasi  adalah  game  digital  yang  dirancang untuk pengayaan pendidikan (mendukung pengajaran dan pembelajaran). Dengan menggunakan media game edukasi dapat meningkatkan semangat dalam belajar dan memecahkan  permasalahan dengan cepat dan tepat. Pembuatan game edukasi matematika dasar menggunakan software construct 2, dengan metode model Luther yang terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat dan pemahaman siswa terhadap konsep matematika dasar, khususnya operasi hitung. Dengan merancang game edukasi yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak-anak dan melalui penerapan metode Luther, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan pembelajaran operasi hitung di tingkat sekolah dasar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRKT

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

JRKT (Jurnal Rekayasa Komputasi Terapan) adalah forum yang diterbitkan untuk publikasi hasil penelitian dengan seluruh spektrum komputasi dan kecerdasan buatan.JRKT yang dikelola dan diterbitkan oleh program studi Teknik Informatika, Universitas Indraprasta PGRI. JRKT memiliki periode publikasi ...