Journal of System and Computer Engineering
Vol 4 No 2 (2023): JSCE: Juli 2023

Penerapan Algoritma K-Modes Menggunakan Validasi Davies Bouldin Index Untuk Klasterisasi Karakter Pada Game Wild Rift

Dynesh Radixavendra Quinthara (Unknown)
Abd. Charis Fauzan (Unknown)
M. Maariful Huda (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Bagi pemain baru pemilihan karakter merupakan hal yang sulit ketika role yang didapatkan tidak sesuai dengan yang diinginkan karena akan mempengaruhi faktor kemenangan. Dari berbagai macam jenis game ada yang disebut sebagai game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) pemain hanya bisa mengontrol 1 karakter. Dalam game League Of Legend : Wild Rift ada 40 lebih karakter. Masing-masing variabel pada karakter Wild-Rift mempengaruhi jalannya pertandingan penggunaan algoritma K-Modes Clustering untuk menentukan klaster. Penelitan ini menggunakan algoritma K-Modes Clustering untuk menentukan klaster berdasarkan role dari setiap karakter tanpa melihat tipe masing-masing karakter tersebut. Metode clustering dengan cara mengumpulkan data-data setiap karakter yang kemudian di proses dan dikelompokkan untuk mendapatkan data yang optimal dan menentukan karakter yg diinginkan tanpa memaksakan roleplay. Hasil dari perhitungan K-modes dievaluasi menggunakan validasi Davies Bouldin Index yang menghasilkan nilai DBI sebesar 0.8200 menunjukkan bahwa algoritma k-modes mencapai pengelompokan yang optimal. Klaster 5 merupakan klaster yang paling sering dipilih dengan karakter bertipe MarksMan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSCE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Programming Languages Algorithms and Theory Computer Architecture and Systems Artificial Intelligence Computer Vision Machine Learning Systems Analysis Data Communications Cloud Computing Object Oriented Systems Analysis and Design Computer and Network Security Data ...