Masyarakat di kota metropolitan sangat dipengaruhi oleh bagaimana pembentukan citra gaya hidup yang menunjukkan citra sosialnya. Terlihat bagaimana individu berlomba mencapai taraf tertinggi dari status sosialnya. Coffee shop salah satu ruang publik yang mengalami perkembangan, bagaimana ruang coffee shop tidak hanya sebatas sebagai ruang konsumsi saja, namun mengalami perkembangan abstrak dan subjektif yang disesuaikan dengan kebutuhan individu atau kelompok selama mengunjungi ruang tersebut. Hal ini menjadikan coffee shop sebagai ruang yang telah menunjukkan perilaku, hasrat, dan gaya hidup oleh perubahan nilai-nilai modernisme. Tujuan pada penelitian tersebut untuk menjelaskan fungsi ruang yang telah menjadi budaya di kalangan generasi Z dan metode tersebut dilaksanakan dengan metode wawancara mendalam. Hasil yang ditemukan bahwa fungsi ruang telah terdefinisikan sebagai ruang rekreasi, ruang relaksasi, ruang belajar, dan trend di kalangan generasi Z ketika mengunjungi Coffee Shop Ugoku.Co dan Titik Kumpul Coffee Brewers di Kecamatan Sekupang, Kota Batam
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022