Usia dini merupakan pondasi awal dalam tumbuh kembang anak. Di usia ini anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat melebihi usia lainnya. Oleh karena itu, perlu manajemen pembelajaran untuk membantu tumbuh kembang anak terutama dalam kemampuan sosial anak sehingga perkembangannya mampu berjalan dengan optimal. Sesuai dengan pembahasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran manajemen pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan sosial anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah diskusi kelompok terarah dan studi literatur. Temuan yang peneliti peroleh adalah manajemen pembelajaran itu sangat penting dan memberikan pengaruh terhadap perkembangan kemampuan sosial anak terutama anak usia dini. Oleh karena itu, manajemen ini harus selalu dilibatkan dalam kontek pembelajaran. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk membantu memberikan wawasan kepada pembaca tentang pentingnya peran manajemen pembelajaran.
Copyrights © 2023