AbstrakPembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di tingkat sekolah dasar menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan proses dan sikap ilmiah. Model tea party merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Tea Party terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas II di SDN Tiudan I. Metode yang digunakan adalah true experimental design dengan menggunakan quasi experimental design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Tiudan I, kelas II A sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol dan kelas II B sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah adalah test. Hasil penelitian diperoleh nilai t-hitung > t-tabel dengan taraf sigfikansi 0,05 sebesar 2,060 yaitu 12,629 > 2,060 dengan nilai Sig (2-tailed) < 0,05 yaitu sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dikatakan ada pengaruh penggunaan model cooperative learning type tea party dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas II SDN Tiudan I. Kata kunci : model pembelajaran Tea Party, hasil belajar
Copyrights © 2023