Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana rekomendasi peluang trend topik penelitian yang akan datang, pemetaan kaitan antar kata kunci, dan perkembangan artikel penelitian terhadap HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar pada tahun 2017-2021. Metode pada penelitian ini adalah Mix Method yaitu dengan menggunakan studi literatur dan pendekatan bibliometric. Teknik yang digunakan adalah analisis konten dengan mendeskripsikan dan analisis data menggunakan bantuan software VosViewers serta Microsoft Excel. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui peluang penelitian yang akan datang yaitu e-module flipbook, sciencetific literacy dan science learning outcomes yang kemudian dihubungkan dengan HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar. Pemetaan kaitan antar kata kunci berdasarkan enam warna cluster hasil visualisasi VosViewers diantaranya adalah critical thinking skills, science, keterampilan berpikir kritis, LKPD, Problem Based Learning, dan instrumen penilaian yang sejatinya keenam kata kunci tersebut saling berhubungan satu sama lain. Perkembangan artikel penelitian berdasarkan hasil analisis VosViewers dan visualisasi menggunakan Microsoft Excel yaitu dapat diketahui bahwa setiap tahunnya penelitian terkait HOTS (Higher-order Thinking Skills) IPA di Sekolah Dasar ini mengalami perkembangan. Hal tersebut terbukti dengan adanya garis grafik yang menyerong ke kanan atas tanpa adanya penurunan disetiap tahunnya.
Copyrights © 2022