Dialektika: Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial
Vol 8 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Ekonomi dan Ilmu Sosial

The Exploitation of Women in Marketing Communications: Strategies for Beginner Entrepreneurs in Gender Literacy Social Media Brand

Lian Agustina Setiyaningsih (Universitas Merdeka Malang)
Priyo Dari Molyo (Universitas Merdeka Malang)
Sulfani Sulfani (Universitas Merdeka Malang)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksplotasi perempuan dalam komunikasi pemasaran oleh wirausahawan baru dalam membentuk brand awareness melalui media sosial yang lebih peka terhadap isu-isu gender. Media sosial telah menjadi platform penting dalam komunikasi pemasaran yang memungkinkan interaksi dengan pelanggan, membangun dan menciptakan kesadaran merk. Namun, fenomena eksplotasi perempuan dalam strategi pemasaran media sosial memperkuat stereotip gender dan mengabaikan isu penting yang mempengaruhi perempuan. Studi ini menggunakan metode studi literatur dengan menganalisis 63 artikel jurnal untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang eksplotasi perempuan dalam komunikasi pemasaran dan pentingnya strategi wirausaha yang melek gender dalam membentuk brand awareness media sosial. Dalam kajian ini, ditemukan bahwa wirausahawan pemula harus mengadopsi strategi yang melek gender dalam membentuk brand awareness melalui media sosial, dengan melibatkan penggunaan bahasa yang inklusif, penghapusan stereotip gender dalam konten, serta dukungan terhadap kesetaraan gender dan keberagaman dalam komunikasi bisnis. Kemudian lingkungan bisnis dapat menjadi lebih inklusif, setara, dan adil tanpa memperkuat stereotip dan diskriminasi gender. Kata Kunci: Eksplotasi Perempuan, Media Sosial, Wirausahan Pemula, Brand Awareness

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dialektika

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Dialektika adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Jurnal ini memiliki spesifikasi sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran konseptual yang berkaitan dengan bidang Ekonomi dan Ilmu Sosial. ...