Abstrak Paham radikalis dan fundamentalis telah meluas di tengah-tengah masyarakat bahkan telah memasuki dunia pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya aksi terorisme yang terjadi. Tujuannya agar mendapat data terkait informasi pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah dan peningkatkan pemahaman keagamaan moderat. Penelitian ini difokuskan terhadap guru untuk mengarahkan siswanya pada nilai-nilai keislaman tentang Islam moderat melalui pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah. Jenis penelitian ini lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif di MA NU TBS Kudus. Subjek penelitian ini kepala madrasah, wakil kepala madrasah bagian kesiswaan, guru pengampu pembelajaran kitab al-Faroidl as-Saniyyah, dan siswa MA NU TBS Kudus. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Guru menggunakan metode ceramah saat pembelajaran. Metode ini akan memudahkan siswa MA NU TBS Kudus untuk belajar memperhatikan dalam penyampaian materi. Siswa MA NU TBS sudah memahami Islam moderat, hal ini terbukti dengan pemahaman keagamaan seperti bersikap toleran, melakukan kegiatan peringatan maulid Nabi, ziarah makam waliyullah, tahlil, melakukan kegiatan manaqib di kelas, dan haul waliyullah. Hal ini tidak hanya dilakukan di Madrasah saja, tetapi berjalan di lingkungan masyarakat dan menjadikan keseharian. Pembiasaan sikap moderat di lingkungan madrasah dan tauladan yang diberikan oleh masyayikh-masyayikh MA NU TBS Kudus yang mencitrakan perilaku yang moderat.Kata Kunci: Pembelajaran, Kitab al-Faroidl as-Saniyyah, Pemahaman, Islam Moderat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023