Kurikulum adalah bentuk implementasi dan desentralisasi kebijakan pendidikan sedemikian rupa sehingga kurikulum benar-benar memenuhi kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah dengan memperhatikan kepentingan lokal, nasional dan global serta semangat orientasi sekolah.Selain itu, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan tingkat perkembangan lulusan Indonesia dan kriteria manajemen kompetensi berjenjang, sehingga kurikulum yang digunakan di SDN 192 Pekanbaru adalah kurikulum desentralisasi yang menggabungkan kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka berubah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif. Hasil dari observasi dan wawancara dalam penelitian di salah satu SD berubah di kota Pekanbaru salah satu unsur yang penting dalam sekolah tersebut yaitu kepala sekolah yang mempunyai nilai juang yang tinggi untuk memajukan sekolah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif.
Copyrights © 2023