Journal of Comprehensive Science
Vol. 2 No. 7 (2023): Journal of Comprehensive Science (JCS)

Analisis Kebijakan Standar Isi Pendidikan Di Sdn 192 Pekanbaru

Mardhatilah Ay, Marisya (Unknown)
muhammad azlin, Dico (Unknown)
Safitriyani, Ulandari (Unknown)
wahyuni, wahyuni (Unknown)
Jumasi, Jumasi (Unknown)
Nurhidayati, Nurhidayati (Unknown)
Sumianto, Sumianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Kurikulum adalah bentuk implementasi dan desentralisasi kebijakan pendidikan sedemikian rupa sehingga kurikulum benar-benar memenuhi kebutuhan pengembangan potensi peserta didik di sekolah dengan memperhatikan kepentingan lokal, nasional dan global serta semangat orientasi sekolah.Selain itu, tingkat kompetensi dirumuskan berdasarkan tingkat perkembangan lulusan Indonesia dan kriteria manajemen kompetensi berjenjang, sehingga kurikulum yang digunakan di SDN 192 Pekanbaru adalah kurikulum desentralisasi yang menggabungkan kurikulum K13 dan kurikulum Merdeka berubah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif. Hasil dari observasi dan wawancara dalam penelitian di salah satu SD berubah di kota Pekanbaru salah satu unsur yang penting dalam sekolah tersebut yaitu kepala sekolah yang mempunyai nilai juang yang tinggi untuk memajukan sekolah.Selain kepala sekolah, pendidik di sekolah penggerak juga merupakan faktor yang penting dalam keberhasilan penerapan kurikulum merdeka di sekolah penggerak pendidik harus mampu menjadi tutor, fasilitator, dan pemberi inspirasi bagi anak didiknya sehingga bisa memotivasi peserta didik menjadi siswa yang aktif, kreatif dan inovatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcs

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science

Description

This journal publishes research articles covering multidisciplinary sciences, which includes: Humanities and social sciences, contemporary political science, Educational sciences, religious sciences and philosophy, economics, Engineering sciences, Health sciences, medical sciences, design arts ...