Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kegiatan yang diberikan rumah sakit kepada pasien untuk meningkatkan status kesehatan atau usaha – usaha pencegahan, diagnosis, terapi pemulihan atau penyembuhan penyakit. Pelayanan kesehatan dinilai dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit terhadap pasien dengan parameter pengukuran kepuasan pasien terhadap pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan baik pasien rawat jalan maupun rawat inap. Dalam rangka meningkatkan akses kesehatan, program BPJS telah diterapkan oleh pemerintah, yang berdampak pada peningkatan jumlah pasien yang berobat di Rumah Sakit. Namun, berdasarkan hasil survei di RSUD Pasar Rebo, peningkatan jumlah pasien tersebut berdampak pada menurunnya mutu pelayanan. Meskipun demikian, data laporan BPJS kesehatan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan BPJS cukup tinggi, meski masih ada beberapa aspek yang perlu ditingkatkan, seperti kebijakan rujukan berjenjang, keterbatasan tempat tidur perawatan, dan pembatasan konsultasi dengan dokter spesialis. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan rawat jalan di RSUD Pasar Rebo. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif analisis deskriptif. Sampel penelitian terdiri dari 100 pasien rawat jalan di RSUD Pasar Rebo, dihitung dengan rumus Slovin. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2020, pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, yang ditunjukkan oleh hasil uji T bahwa variabel kehandalan, ketanggapan, dan jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Copyrights © 2023