Jurnal Accounting UNIPA
Vol 2, No 1 (2023): Jurnal Accounting UNIPA

Pengaruh Perilaku Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Nipa)

Yuvita Marselin Yuvita Marselin (Unipa)
Maria Nona Dince (Unknown)
Siktania Maria Diliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perilaku Belajar, Fasilitas Belajar, Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Nusa Nipa. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif dengan bentuk hubungan kausal serta menggunakan pendekatan kuantitaif. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling jenis random sampling metode Stratified, dimana penentuan sampel dilakukan dan ditentukan secara acak dengan membagi populasi menjadi beberapa sub kelas dengan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang disebarkan kepada 82 orang responden, dimana analisa data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial perilaku belajar dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan fasilitas belajar secara parsial tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi , dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan variabel perilaku belajar, fasilitas belajar, kepercayaan diri, berpengaruh terhadap pemahaman akuntansi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

accounting

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Accounting UNIPA merupakan jurnal penelitian Program Studi Akuntansi Universitas Nusa Nipa dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta sharing perkembangan ilmu akuntansi. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya yang berupa artikel hasil penelitian ...