Manuju : Malahayati Nursing Journal
Vol 5, No 11 (2023): Volume 5 Nomor 11 2023

Gambaran Kejadian Insomnia pada Remaja Usia 12-16 Tahun yang Kecanduan Gadget

Ahmad Fauzan (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Supratman Supratman (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

ABSTRACT Insomnia is a condition where a person has difficulty starting and maintaining sleep. One of the factors that cause poor sleep quality is due to the habit of using gadgets by spending time online social media, playing online games, including at night. The purpose of this study aims to determine the incidence of Insomnia in adolescents aged 12-16 years who are addicted to gadgets. The research design used is descriptive quantitative with a Cross Sectional approach. The population used in this study were junior high school students Muhammadiyah 1 Kartasura as many as 188 students. By using purposive sampling technique, the research sample was 65 respondents. Based on the results of research on the characteristics of respondents that the age of most respondents was 13 and 14 years as many as 23 people (35.4%). and the majority of male respondents were 46 people (70.8%).There is a distribution of insomnia categories that respondents affected by insomnia are 23 people (35.4%). The conclusion, from the results of research conducted at SMP Muhmammadiyah 1 Kartasura, it can be concluded that gadget addiction in adolescents aged 12-16 years can be one of the causes of insomnia. This is caused by several factors, including exposure to blue light caused by gadget screens that can affect sleep quality, irregular sleep patterns due to excessive gadget use, and psychological disorders that can arise due to gadget addiction such as stress and anxiety. Keywords: Insomnia, Gadgets, Adolescents 12-16 Years Old  ABSTRAK Insomnia merupakan keadaan dimana seseorang kesulitan memulai dan mempertahankan tidur. Salah satu dari faktor yang menyebabkan kualitas tidur yang kurang disebabkan karena kebiasaan menggunakan gadget dengan menghabiskan waktu untuk online media sosial, bermain game online, termasuk pada malam hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kejadian Insomnia pada remaja usia 12-16 tahun yang kecanduan gadget. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelajar SMP Muhammadiyah 1 Kartasura sebanyak 188 pelajar. Dengan menggunakan Teknik purposive Sampling maka sampel penelitian sebanyak 65 responden. Hasil penelitian pada karakteristik responden bahwa umur responden terbanyak adalah 13 dan 14 tahun sebanyak 23 orang (35,4%). dan mayoritas responden laki-laki yaitu sebanyak 46 orang (70,8%) .Terdapat distribusi kategori insomnia bahwa responden yang terkena insomnia yaitu 23 orang (35,4%) .Terdapat hasil distribusi kategori tingkat penggunaan gadget kategori rendah yaitu 11 orang (16,9%), responden dengan hasil sedang yaitu 39 orang (60%), dan juga responden dengan hasil yang tinggi dengan smartphone yaitu 15 orang (23,1%). Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan di SMP Muhmammadiyah 1 Kartasura, dapat disimpulkan bahwa kecanduan gadget pada remaja usia 12-16 tahun dapat menjadi salah satu penyebab insomnia. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain paparan cahaya biru yang disebabkan oleh layar gadget yang dapat mempengaruhi kualitas tidur, pola tidur yang tidak teratur akibat penggunaan gadget yang berlebihan, serta gangguan psikologis yang dapat muncul akibat kecanduan gadget seperti stres dan kecemasan. Kata Kunci: Insomnia, Gadget, Remaja Usia 12-16 Tahun

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

manuju

Publisher

Subject

Health Professions Nursing Public Health

Description

MANUJU : Malahayati Nursing Journal merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada hasil penelitian dan ilmu-ilmu di bidang kesehatan yang dikembangkan dengan pendekatan interdispliner dan multidisiplin. Proses penerimaan naskah selalu terbuka setiap waktu, naskah yang sudah disubmit oleh penulis ...