JPPM (JURNAL PENELITIAN DAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA)
Vol 16, No 2 (2023): JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika) Volume 16 Nomor 2 Agustus

ANALISIS KEMAMPUAN MULTI REPRESENTASI DALAM PEMECAHAN MASALAH SOAL TIMSS DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Habibah, Novalin (Universitas PGRI Semarang)
Nizaruddin, Nizaruddin (Universitas PGRI Semarang)
Pramasdyahsari, Agnita Siska (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan multi representasi siswa kelas VIII disalah satu SMP di Kabupaten Semarang provinsi Jawa Tengah yaitu SMP Negeri 3 Semarang dalam memecahkan masalah TIMSS berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi kualitatif. Penelitian ini diarahkan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 3 Semarang, penentuan subjek dilakukan berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis siswa, enam siswa dipilih dari 32 siswa kelas VIII F. Siswa tersebut meliputi 2 siswa berkemampuan kritis tinggi, 2 siswa berkemampuan kritis sedang dan 2 siswa berkemampuan kritis rendah. Instrumen dalam menentukan subjek penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis. Soal TIMSS pada konten aljabar dan pedoman wawancara untuk memunculkan kemampuan multi representasi siswa. Triangulasi teknik dan sumber untuk memverifikasi keabsahan data, dimana triangulasi teknik dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh dari sumber yang sama dengan menggunakan metode yang berbeda, sedangkan triangulasi sumber dilakukan dengan membandingkan subjek yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis yang sama. Hasil penelitian berdasarkan tes tertulis dan wawancara diperoleh 1) subjek dengan kategori berpikir kritis tinggi mampu memunculkan ketiga kemampuan multi representasi, meliputi representasi bentuk gambar, bentuk simbol dan bentuk verbal. 2) subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang mampu memunculkan indikator kemampuan representasi gambar dan simbol, untuk representasi verbal tidak terpenuhi. 3) subjek dengan kategori berpikir kritis rendah hanya memenuhi indikator representasi gambar. Kata Kunci: Kemampuan Multi Representasi, TIMSS, Kemampuan berpikir kritis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Mathematics

Description

The Journal invites original research articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The whole spectrum of research in mathematics education are welcome, which includes, but is not limited to the following topics: Design/Development Research in Mathematics Education ...