enelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku petunjuk praktikum mata kuliah kimia anorganik yang valid dan praktis. Pengembangan buku petunjuk praktikum ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari Define, Design, Development dan Disseminate. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan Kimia Universitas Sriwijaya. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pada tahap define menunjukkan bahwa membutuhkan bahan ajar yang sesuai dengan model pembelajaran yang diterapkan yaitu bahan ajar berbasis project based learning. Pada tahap design didapatkan terdapat 9 topik yang dimuat didalam buku petunjuk praktikum, dimana pada masing-masing topik terdiri dari bagian pendahuluan dan dilanjutkan dengan kegiatan 1) Merencanakan Proyek, 2) Fase penelitian awal untuk memperoleh informasi, 3) Pengembangan dan Evaluasi awal Prototipe Produk, 4) Fase penelitian kedua (pelaksanaan praktikum), 5) Pengembangan Presentasi Akhir (Laporan), dan 6) Publikasi (Presentasi). Hasil tahap development menunjukkan bahwa pada aspek materi rata-rata penilaian ahli yaitu 96,87% dinyatakan sangat valid, dan pada aspek pedagogik dan desain mendapat rata-rata sebesar 100% dinyatakan sangat valid. Hasil proyek mahasiswa menggunakan buku petunjuk praktikum berbasis projek based learning berada menunjukkan hasil sangat baik. Dan hasil kepratisan menunjukkan bahwa rata-rata pada aspek desain, materi dan pedagogik yaitu 100% dinyatakan sangat praktis. Dengan demikian, buku petunjuk praktikum berbasis Project Based Learning dinyatakan layak dan praktis untuk digunakan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023