Idealis : Indonesia Journal Information System
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal IDEALIS Juli 2023

ANALISIS SISTEM PENJUALAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA APLIKASI SHOPEE

Damayanti, Helen Agustin Puspa (Unknown)
Kurniawan, Heri (Unknown)
Mayatopani, Hendra (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

E-Commerce merupakan transaksi bisnis yang meliputi transfer maupun serah terima kepemilikan hak atas suatu barang atau jasa dengan menggunakan internet. Transaksi bisnis yang dimaksud meliputi pembelian dan penjualan barang serta jasa melalui internet. Shopee berfokus kepada sistem penjualan dan Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan kualitas perusahaan dalam bersaing dengan aplikasi e-commerce besar lainnya. Shopee Indonesia telah menerapkan strategi CRM ini di salah satu platform yaitu jejaring sosial Instagram. Hal ini dilakukan oleh Shopee dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode yang digunakan adalah Observasi, Kuesioner, dan Studi Literatur serta menggunakan tool Microsoft Visio 2019 dalam membantu teknik analisis data. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah sistem penjualan dan penerapan CRM aplikasi Shopee saat ini berdampak positif untuk perusahaan dalam menjangkau lebih banyak userbaru serta meningkatkan loyalitas user, berdampak positif juga untuk userdalam memperluas usaha nya serta terjadinya peningkatan penjualan produk melalui online.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IDEALIS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Indonesia Journal Information System (Idealis) adalah jurnal penelitian Program Studi Informasi, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur. Topik pada Jurnal ini adalah Decision Support System, E-Commerce/E-Business, Datawarehouse/BI, Enterprise System, Data Mining, Sistem ...