Pada saat ini banyak masyarakat pemakai sepeda motor belum puas akan performa kendaraan mereka saat berakselerasi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggantian throttle body terhadap daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dihasilkan sepeda motor. Objek penelitian ini adalah sepeda motor Honda CB150R tahun 2018. Penelitian ini memakai metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, jenis deskriptif. Instrument pengujian daya dan torsi memakai alat dynamometer dan pengujian konsumsi bahan bakar dengan alat gelas buret. Hasil penelitian pada throttle body racing terdapat peningkatan daya, torsi dan konsumsi bahan bakar, daya meningkat 10.63 % dengan selisih 1.72 hp pada rpm 9000, torsi meningkat 1.19 % dengan selisih 0.16 Nm pada rpm 7000 dan konsumsi bahan bakar meningkat 2.98 % dengan selisih 1.18 Km/L, sehingga jarak tempuh yang dihasilkan lebih pendek dibandingkan dengan menggunakan throttle body standar.   Currently, many motorcycle owners are dissatisfied with their vehicle's acceleration performance. This study aims to examine the effect of replacing the throttle body on the horsepower, torque, and gasoline consumption of motorcycles. This study focuses on the 2018 Honda CB150R motorcycle. This study employs an experimental methodology with a quantitative, descriptive approach. A dynamometer is utilized for testing power and torque, while a glass burette is utilized for testing fuel consumption. According to research on throttle body racing, there is an increase in power, torque, and fuel consumption. Specifically, power increases 10.63% with a difference of 1.72 horsepower at 9000 rpm, torque increases 1.19% with a difference of 0.16 Newton-meters at 7000 rpm, and fuel consumption increases 2.98% with a difference of 1.18 kilometers per liter, so the resulting mileage is less than when using a standard throttle body.
Copyrights © 2023