Pendidikan SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang fokus pada pendidikan kejuruan di tingkat menengah, dan sekolah ini berorientasi pada dunia kerja. Walaupun begitu, lulusan SMK juga memiliki kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sesuai dengan bidang kejuruan yang mereka pilih. Diharapkan bahwa melalui pendidikan lanjutan ini, mereka dapat lebih mengembangkan diri dan mampu bersaing serta beradaptasi di era global. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua mempengaruhi keinginan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data utama dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa dan status sosial ekonomi orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keinginan siswa untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang bernilai 45,5%. Â SMK education is a form of formal education that emphasizes secondary-level vocational education and is oriented toward the workplace. Nonetheless, SMK graduates have the option to continue their education at the tertiary level in accordance with their chosen vocational discipline. Through this advanced education, it is anticipated that they will be able to develop further and be able to compete and adapt in the global era. The purpose of this study was to determine the impact of students' interest in learning and their parents' socioeconomic status on their motivation to continue their education in college. This study employed quantitative methods, and questionnaires were used to capture the majority of the data. Students' interest in learning and their parents' socioeconomic status had a significant impact on their desire to pursue postsecondary education, which was 45.5%.
Copyrights © 2023