Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 9 No 3 (2023): Article on Press

Development of a test of higher thinking skills in statistics at junior high school

Anggit Prabowo (Universitas Ahmad Dahlan)
Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia)
Siti Fatimah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Muh. Faiz Setyono (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan tes untuk mengukur higher thinking skills siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi statistika dan (2) mengetahui karakteristik instrumen tes tersebut. Dengan proses pengembangan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, penelitian ini merupakan studi pengembangan dengan paradigma pengembangan ADDIE. Tes yang dikembangkan terdiri atas 10 butir soal pilihan ganda dan 5 butir soal uraian yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan deskriptif. Subjek uji coba yaitu 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Berbah. Berdasarkan hasil uji coba menunjukkan rata-rata indeks kesukaran butir-butir soal pilihan ganda adalah 0,44 (moderate) sedangkan rata-rata indeks kesukaran soal uraian adalah 0,35 (moderate). Rata-rata daya beda butir soal pilihan ganda adalah 0,40 (acceptable) dan daya beda untuk soal uraian adalah 0,47 (acceptable). Koefisien reliabilitas instrumen tes soal pilihan ganda dan uraian berturut-turut adalah 0,85 dan 0,74 dengan kriteria sangat tinggi. Dengan demikian, tes yang dikembangkan layak untuk digunakan untuk mengukur higher thinking skills siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi statistika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

math

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika welcomes high-quality manuscripts resulted from a research project or literature review in the scope of mathematics education, which includes, but is not limited to the following topics: Realistic Mathematics Education, Design/Development Research in ...