Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 8, No 1 (2023)

Pengaruh menghafal al-qur’an terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa

Alfia Azkia (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Literasi dan Numerasi memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan siswa. Keterampilan literasi memungkinkan siswa untuk mengakses pengetahuan, meningkatkan komunikasi, memecahkan masalah, dan menjadi mandiri dalam pembelajaran. Kemampuan numerasi membantu siswa memahami dan menggunakan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, serta memberikan fondasi yang kuat untuk pemecahan masalah dan kesempatan karir yang lebih baik. Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan agar kemampuan literasi dan numerasi meningkat adalah dengan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah metode menghafal Al-Qur'an memiliki pengaruh terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain The Experimental Design yang mengadopsi bentuk Posttest-Only Control Design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar tes sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas VIII.A dan VIII.B di SMPN 1 Karangtanjung, dengan kelas VIII.A sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII.B sebagai kelompok eksperimen. Setelah melakukan penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari metode menghafal Al-Qur'an terhadap kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas VIII di SMPN 1 Karangtanjung Pandeglang. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t, di mana nilai t-hitung adalah 8.12 dan t-tabel adalah 1.67, sehingga t-hitung lebih besar daripada t-tabel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...