Penelitian ini membahas dua alasan utama yang dapat mempengaruhi keputusan pedagang pasar dalam memilih sumber modalnya, yaitu berdasarkan kebutuhan modal usaha dan pemasaran dengan bauran pemasaran 4P. Data diperoleh melalui wawancara dengan pedagang pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data primer yang diolah dalam aplikasi atlas.ti 9 untuk mencapai struktur dan data yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P yang dilakukan oleh lembaga keuangan dalam menarik pedagang untuk memilih sumber modal usahanya yaitu KUR syariah dan apakah pengetahuan pedagang tentang riba dan lembaga keuangan syariah dapat mengubah keputusan tersebut. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang riba dan pegadaian syariah tidak berpengaruh dalam menentukan minat masyarakat dalam memilih sumber modal usaha, sedangkan bauran pemasaran dapat menarik pedagang dalam menentukan dimana mereka akan melakukan pinjaman sumber daya usaha.
Copyrights © 2023