Jurnal Tabarru': Islamic Banking and Finance
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Tabarru' : Islamic Banking and Finance

STRATEGI BAURAN PEMASARAN 4P DALAM PRODUK PEMBIAYAAN KUR SYARIAH DI PEGADAIAN SYARIAH

Adhelia Sucitra (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
Fitri Nur Latifah (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini membahas dua alasan utama yang dapat mempengaruhi keputusan pedagang pasar dalam memilih sumber modalnya, yaitu berdasarkan kebutuhan modal usaha dan pemasaran dengan bauran pemasaran 4P. Data diperoleh melalui wawancara dengan pedagang pasar tradisional di Kabupaten Sidoarjo dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan analisis data primer yang diolah dalam aplikasi atlas.ti 9 untuk mencapai struktur dan data yang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 4P yang dilakukan oleh lembaga keuangan dalam menarik pedagang untuk memilih sumber modal usahanya yaitu KUR syariah dan apakah pengetahuan pedagang tentang riba dan lembaga keuangan syariah dapat mengubah keputusan tersebut. Kesimpulan yang diperoleh menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang riba dan pegadaian syariah tidak berpengaruh dalam menentukan minat masyarakat dalam memilih sumber modal usaha, sedangkan bauran pemasaran dapat menarik pedagang dalam menentukan dimana mereka akan melakukan pinjaman sumber daya usaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

tabarru

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Scope and Focus of this journal subjected to area of : Islamic Banking (BUS, BPRS & UUS), Islamic Financial Intitutions such as Islamic Insurance (Takaful), Islamic Leasing, Islamic Capital Market (Islamic Bond/SUKUK & Islamic Stock), Islamic Pawn Shop, Baitamall Wattamwil (BMT), Islamic ...