Eksponen
Vol. 13 No. 2 (2023): Eksponen: Volume 13 Nomor 2 September 2023

Eksperimentasi Media Pembelajaran Math Bilbul Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa

Zulfa Taufiqoh (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)
Noerhasmalina (Universitas Muhammadiyah Pringsewu)
Nurmitasari (a:1:{s:5:"en_US"
s:42:"Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung"
})



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran Math Bilbul dengan pembelajaran menggunakan buku paket ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2×3. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Gadingrejo tahun ajaran 2022-2023. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-3 sebagai kelas kontrol, pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes dan teknik angket, dengan instrumen tes hasil belajar matematika dan angket kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata antara pembelajaran menggunakan media pembelajaran Math Bilbul dengan pembelajaran menggunakan buku paket ditinjau dari kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Namun, tidak ada interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan kemandirian belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksponen

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Eksponen (E-ISSN:2657-1552 and E-ISSN: 2085-966X) has been published since 2009 by the Department of Mathematics Education in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original ...