Eksponen
Vol. 13 No. 2 (2023): Eksponen: Volume 13 Nomor 2 September 2023

IMPLEMENTASI IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUGMENTED REALITY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ulimah Pratiwi Sholikhah (a:1:{s:5:"en_US"
s:6:"UPGRIS"
})

Noviana Dini Rahmawati (UPGRIS)
Muhtarom (UPGRIS)
Lis Purwantini (SMPN 37 Semarang)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas implementasi model Problem Based Learning dengan media Augmented Reality (AR) pada siswa kelas VIII dengan sampel 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Random Sampling . Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian ini implementasi model pembelajaran Problem Based Learning dengan media Augmented Realityefektif ditandai dengan hasil belajar kelas eksperimen pencapaian kriteria ketuntasan siswa minimal dan hasil belajar kelas eksperimen setelah penerapan model Problem Based Learning dengan media Augmented Reality lebih baik dari kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

eksponen

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Eksponen (E-ISSN:2657-1552 and E-ISSN: 2085-966X) has been published since 2009 by the Department of Mathematics Education in collaboration with LPPM, Muhammadiyah University, Kotabumi. The journal has regularly published two times a year in April and September. This journal publishes original ...