Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman
Vol 3 (2023): Pembelajaran Berdeferensiasi dalam Mewujudkan Generasi Pancasila Unggul melalui Pembel

Perbedaan Peningkatan Rata-Rata Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Pembelajaran PBL Berbantuan Math Home Application Dengan Pembelajaran Langsung

Devita Afriyani (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah)
Savitri Wanabuliandari (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah)
Sumaji Sumaji (Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Pemahaman konsep terdiri dari memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan konsep, mengaplikasikan konsep untuk memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui perbedaan peningkatan dalam memehami materi matematika dengan penerapakan pembelajaran model Problem Based Learning menggunakan media aplikasi math home dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran langsung. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XE-11 dan XE-12 di SMA N 1 Gebog Kudus. Disisi lain penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk Quasi Eksperimental. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuam pemahaman konsep matemaris siswa. Sedangkan variabel bebasnya adalah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan math home application. Teknik pengumpulan data ini tes. Teknik pemilihan sampel menggunakan teknik kelas secara acak atau Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan dalam penilitian ini uji N-Gain dilanjutkan dengan uji t saling bebas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psnpm

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika ini membahas permasalahan dalam ranah pendidikan matematika seperti permasalahan dalam belajar mengajar matematika atau permasalahan metodologis dalam bidang penelitian dalam pendidikan matematika. Prosiding ini adalah hasil kerjasama dengan Himpunan ...