Jurnal Riset Public Relations
Volume 3, No. 1, Juli 2023, Jurnal Riset Public Relations (JRPR)

Strategi Pengelolaan Konten Morgy Coffee

Irsyad Nugraha Ritonga (Hubungan Masyarakat)
M.E. Fuady (Hubungan Masyarakat, Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Abstract—The activity of drinking coffee has now become a lifestyle carried out by most people, this can be seen from the increasing proliferation of coffee shop outlets in Indonesia, especially the city of Bandung. Coffee shops are not only used as a place to drink coffee, but many are also used as gathering places, meetings, or other activities. Morgy Coffee is a coffee shop that has a pretty good impression in the community, especially in the city of Bandung. This can be seen in reviews on various platforms, one of which is Instagram social media for food bloggers, influencers, and people who have visited. Social media becomes a medium as a necessity in creating good branding. Therefore it is very important to manage social media content to make it easier for audiences to get the information they need and to become a medium of communication between companies and their audiences. The purpose of this research is to find out how Morgy Coffee's content management strategy is. The method used in this study is a qualitative research method with a case study approach. Data collection techniques used by researchers are observation, interviews, and documentation. The results of the research that has been done are that the reason Instagram is used as a marketing medium for Morgy Coffee products is because Instagram is considered flexible, interactive and has many Instagram features. The process of managing content through Instagram @morgycoffee carries out the process or planning, namely the first stage is preparing content, determining the type of content and target market, then posting content. The obstacles faced by Morgy Coffee are non-technical obstacles, where employees make negligence and the content ideas are similar to other competitors. Abstrak—Kegiatan minum kopi saat ini sudah menjadi lifestyle atau gaya hidup yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat, hal tersebut dapat dilihat dari semakin menjamurnya gerai coffee shop di Indonesia khususnya kota Bandung. Coffee shop tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk meminum kopi saja, namun banyak dijadikan juga sebagai tempat berkumpul, meeting, ataupun aktivitas lainnya. Morgy Coffee merupakan salah satu coffee shop yang memiliki kesan yang cukup baik di tengah masyarakat terutama di Kota Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dalam review di berbagai platform salah satunya media social Instagram para food blogger, influencer, maupun masyarakat yang penah berkunjung. Media sosial menjadi media sebagai kebutuhan dalam menciptakan branding yang baik. Oleh karena itu sangat penting mengelola konten media sosial untuk mempermudah khalayak dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dan menjadi media komunikasi antara perusahan dengan khalayaknya. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pengelolaan konten Morgy Coffee. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu alasan Instagram digunakan sebagai media pemasaran produk Morgy Coffee yaitu karena Instagram dinilai fleksible, interaktif dan memiliki banyak fitur Instagram. Proses pengelolaan konten melalui Instagram @morgycoffee melakukan proses atau perancanaan yaitu tahap yang pertama adalah mempersiapkan konten, menentukan jenis konten dan target pasar, lalu memposting konten. Hambatan yang dihadapi oleh Morgy Coffee adalah hambatan non teknis, dimana karyawan melakukan kelalaian dan kesamaan ide konten dengan pesaing lainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRPR

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Riset Public Relations Jurnal Riset Public Relations (JRPR) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan hasil riset dan kajian teoritik terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian media, strategi PR, dll. JRPR ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan ...