Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)
Vol. 6 No. 9: SEPTEMBER 2023 - Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI)

Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit : Literature Review: Quality of Service With Patient Satisfaction in Hospital : Literature Review

Achmad Yoga Setyo Utomo (Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro)
Bagoes Widjanarko (Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro)
Zahroh Shaluhiyah (Magister Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Latar belakang: Mutu pelayanan rumah sakit dapat dijadikan penilaian dari kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator keberhasilan pemberian pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kepuasan pelayanan jasa kesehatan tercapai jika apa yang didapatkan pasien melebihi harapannya. Tujuan: Literatur review ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dimensi mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian literatur review, dengan melakukan analisis pada jurnal, tesis, dan skripsi yang berkaitan dengan mutu pelayanan dengan kepuasan pasien. Hasil: Dari 7 artikel, 2 skripai dan 1 tesis yang dianalisis, terdapat beberapa indikator mutu pelayanan yang berkaitan dengan kepuasan pasien rawat inap di RS, diantaranya keberadaan, ketanggapan, kenyamanan, dan ketepatan waktu. Kesimpulan: Terdapat pengaruh antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MPPKI

Publisher

Subject

Public Health

Description

Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI) periodic scientific journal that is published by Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Muhammadiyah Palu. with ISSN Number: 2597-6052 (Online - Electronic). This journal accepts scientific papers in the form of research articles and review ...