Latar Belakang : Mencuci tangan merupakan salah satu perilaku yang dapat mempengaruhi kondisi sehat seseorang. Untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak dapat dilakukan dengan metode yang menarik melalui penerapan metode bernyanyi. Tujuan Penulisan : Menggambarkan asuhan keperawatan dengan penerapan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak. Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain deskriptif dengan metode atau pendekatan studi kasus (case studi). Jumlah responden 38, dengan usia diatas 3 tahun. Instrumen yang digunakan menggunakan lembar observasi enam langkah cuci tangan. Kemampuan cuci tangan pada anak diukur sebelum dan sesudah pemberian metode bernyanyi. Asuhan Keperawatan : Anak didik di TK Mekarsari Ambalresmi belum terbiasa melakukan cuci tangan dengan enam langkah, cuci tangan hanya asal tangannya basah. Kebiasaan cuci tangan yang dilakukan di TK tersebut belum dilakukan rutin setiap akan makan atau ketika istirahat. Tindakan metode bernyanyi untuk meningkatkan kemampuan pada anak ini dilakukan satu kali selama 40 menit sebelum dan sesudah istirahat. Hasil evaluasi tindakan yaitu terjadi peningkatan kemampuan cuci tangan pada anak dari 5,26 % menjadi 86, 84 %. Kesimpulan : Penerapan metode bernyanyi terbukti dapat meningkatkan kemampuan cuci tangan pada anak. Rekomendasi : Diharapkan bagi peneliti selanjutnya dapat menerapkan efektifitas metode bernyanyi untuk meningkatkan menggosok gigi pada anak.
Copyrights © 2019