Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 10th University Research Colloquium 2019: Bidang Pendidikan, Humaniora dan Agama

Menggagas Pendidikan Perdamaian Melalui Lembaga Pendidikan Dari Wacana Menuju Konsep Terapan

Ismail, Muhammad Taufik (Unknown)
Abidin, Zainal (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2019

Abstract

Sepanjang manusia hidup, ia tidak akan lepas dari konflik. Konfliksenantiasa ada dan menyertai manusia dalam kehidupan pribadi dansosialnya. Agar konflik ini tetap positif dan jauh dari kekerasan,dibutuhkan pendidikan. Karena pendidikan merupakan alat palingtepat guna mencegah kekerasan dan konflik. Namun dalam duniamodern, belum terumuskan bagaimana pendidikan perdamaian yangtepat, terutama dalam konteks Indonesia. Disamping itu, dalamusaha menjaga perdamaian dan pengembangan masyarakat, bisamengembangkan fungsi lembaga pendidikan. Dengan demikian, agarpendidikan selalu relevan dengan perkembangan zaman danberperan aktif dalam mewujudkan civil society dibutukan shiftingeducation paradigma.. Dari pendidikan yang bersifat pengembanganindividu, diperlebar menjadi pengembangan sosial masyarakat. Darilembaga pendidikan yang memproduksi intelektual, diperlebarmenjadi lembaga yang aktif menjaga perdamaian.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...