Prosiding University Research Colloquium
Proceeding of The 12th University Research Colloquium 2020: Mahasiswa Student Paper

Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien di Poliklinik Gigi RSUD Kabupaten Karanganyar yang Dimediasi oleh Kepercayaan Pasien

Novitasari, Aditya Evi (Unknown)
Wiyadi, W (Unknown)
Setiawan, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2020

Abstract

Pasien merupakan konsumen di tingkat pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, klinik maupun puskesmas. Pasien semakin kritis dan menuntut pelayanan yang berkualitas dan fasilitas yang bagus dari rumah serta semakin banyaknya rumah sakit dan klinik yang beroperasional semakin ketat persaingan sehingga pasien semakin selektif untuk memilih rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut agar melakukan pengukuran kepuasan pasien secara berkala dana dapat menjaga kepercayaan pasien sehingga pasien menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas dan hubungannya dengan kepercayaan pasien. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan kepada 100 pasien di poliklinik gigi RSUD Kabupaten Karanyar. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien dan variabel kepuasan pasien berpengaruh terhadap kepercayaan pasien. Kepercayaan pasien tidak memediasi kepuasan pasien dengan loyalitas pasien.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

proceeding

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology

Description

University Research Colloquium (URECOL) merupakan forum seminar nasional yang memberikan kesempatan untuk diseminasi, diskusi, dan mendapatkan follow up atas luaran penelitian maupun pengabdian kepada ...