Pasien merupakan konsumen di tingkat pelayanan kesehatan baik di rumah sakit, klinik maupun puskesmas. Pasien semakin kritis dan menuntut pelayanan yang berkualitas dan fasilitas yang bagus dari rumah serta semakin banyaknya rumah sakit dan klinik yang beroperasional semakin ketat persaingan sehingga pasien semakin selektif untuk memilih rumah sakit. Oleh karena itu, rumah sakit dituntut agar melakukan pengukuran kepuasan pasien secara berkala dana dapat menjaga kepercayaan pasien sehingga pasien menjadi loyal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan pasien terhadap loyalitas dan hubungannya dengan kepercayaan pasien. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah survey dengan menggunakan kuesioner. Penelitian ini dilakukan kepada 100 pasien di poliklinik gigi RSUD Kabupaten Karanyar. Hasil penelitian menunjukkan variabel kepuasan pasien berpengaruh terhadap loyalitas pasien dan variabel kepuasan pasien berpengaruh terhadap kepercayaan pasien. Kepercayaan pasien tidak memediasi kepuasan pasien dengan loyalitas pasien.
Copyrights © 2020