Standar kepuasan pelayanan kesehatan yang telah ditetapkansecara nasional minimal kepuasan pasien ataupun keluarga pasienyaitu 95%. Kepuasan merupakan suatu dasar penilaian yangpenting untuk mengetahui mutu pelayanan yang diberikan kepadapelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuitentang gambaran kepuasan keluarga pasien terhadap pelayanandi IGD RS PKU Muhammadiyah Gombong. Desain penelitian iniadalah deskriptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orangdan Instrument penelitian ini menggunakan kuisioner. Teknikpengambilan data menggunakan teknik accidental sampling. HasilPeenelitian ini dari 30 respoden menunjukan kepuasan keluargapasien pada dimensi reability mayoritas keluarga pasien puas(83,3%), kepuasan keluarga pasien pada dimensi responsivenessmayoritas keluarga pasien puas (86,7%), kepuasan keluargapasien pada dimensi assurance mayoritas keluarga pasien puas(86,7%), kepuasan keluarga pasien pada dimensi emphatymayoritas keluarga pasien puas (86,7%), kepuasan keluargapasien pada dimensi tangible mayoritas keluarga pasien puas(80,0%), dan Tingkat kepuasan keluarga pasien terhadappelayanan di IGD RS PKU Muhammadiyah Gombong mayoritaskeluarga pasien puas (86,7%). Peneliti selanjutnya diharapkandapat meneliti tentang perbandingan tingkat kepuasan keluargapasien dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan diIGD.
Copyrights © 2020