Latar Belakang, Kurangnya tingkat kepuasan pasien terjadi karenatuntutan kebutuhan pasien semakin meningkat, namun tidak diiringidengan perbaikan tindakan perawat. Apabila pasien merasa tidakpuas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanantersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Hal initerutama sangat penting bagi pelayanan publik. Penyelenggaraanpelayanan kepada pasien sebagai mana yang dilakukan RS PKUMuhammadiyah Gombong, perlu mendapatkan perhatian, khususnyadalam kualitas pelayanan agar sesuai dengan kebutuhan danharapan pasien. Hasil studi pendahuluan yang dilakukan pada bulanDesember 2019, menunjukkan dari 5 orang pasien rawat inap, 2orang menyatakan tidak puas dan 3 orang menyatakan puasterhadap pelayanan keperawatan di rumah sakit. Tujuan Penelitian,Mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanankeperawatan di instalasi rawat inap RS PKU MuhammadiyahGombong. Metode Penelitian, Penelitian ini menggunakan desaindekriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Sampel berjumlah 93responden. Hasil Penelitian, Responden puas terhadap mutupelayanan keperawatan (96.8%). Responden puas terhadap tangibles(97.8%). Responden puas terhadap reliability (97.8%). Respondenpuas terhadap responsiveness (96.8%). Responden puas terhadapassurance (97.8%). Responden puas terhadap emphaty (97.8%).Kesimpulan, Responden puas terhadap mutu pelayanan keperawatan(96.8%).
Copyrights © 2021