Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran yang dimediasi oleh inovasi produk. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah pedagang jamu di Pasar Jamu Nguter Sukoharjo, dan jumlah responden sebagai sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling berbasis komponen atau variance yaitu Partial Least Square. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran, orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk sebagai variabel mediasi tidak berpengaruh positif dan signifikan, orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran melalui inovasi produk sebagai variabel mediasi berpengaruh positif dan signifikan.
Copyrights © 2021