Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana representasi body positivity pada akun Instagram. Media sosial merupakan kumpulan berbagai aplikasi berbasis internet yang beralaskan pada teknologi web 2.0. Instagram menjadi salah satu tempat dan wadah gerakan body positivity bergerak. Pada akun XYZ dan apakah terdapat hubungan antara nilai citra tubuh positif dengan nilai penampilan tubuh. Body positivity atau kepositifan tubuh adalah gabungan dari citra tubuh positif, kepercayaan diri, dan ditambah dengan penerimaan atas tubuh tersebut tanpa memandang bentuk serta ukuran. Tuntutan masyarakat mengenai standar kecantikan dan penampilan yang meliputi kulit putih, tubuh langsing, semampai, dan sebagainya seringkali menjadi sumber kecemasan serta kekhawatiran seseorang. Hal tersebut membuat banyak individu yang merasakan tidak percaya diri dan merasa dirinya tidak cukup.Dengan keresahan dan kekhawatiran ini muncul lah tren body positivity sebagai respon atas penerimaan atas tubuh dan penampilan tanpa memperhatikan bentuk dan ukurannya. Harapannya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap penerimaan atas citra tubuh positif setiap individu tanpa ada standar yang tidak realistis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif analisis isi dengan uji frekuensi dan uji pearson correlation menggunakan aplikasi SPSS. Populasi penelitian ini adalah postingan pada Instagram XYZ dengan total sampel sebanyak 139 postingan dalam jangka waktu tertentu.
Copyrights © 2022