Supaya dapat bermain sepak bola dengan baik dibutuhkan beberapa gerakan dasar yang dilakukan agar menjadi menarik. Dengan mempelajari dan berlatih sepak bola, peserta didik dapat mengembangkan sikap jujur, kerjasama, dan semangat. Rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik permainan sepak bola berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan model problem-based learning berbasis information and communication technology dalam meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subjek penelitiannya seluruh peserta didik kelas VIIB yang berjumlah 32 peserta didik dan objek penelitian ini yaitu upaya meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola. Hasil penelitian menjunjukan pada tahap pra-siklus keberhasilaan peserta didik hanya 68,7% yang tuntas atau 22 dari 32 dengan rata-rata nilai 74,9. Pada pelaksanaan siklus I, terdapat peningkatan keberhasilan peserta didik sebesar 78,1% atau 25 peserta didik dengan rata-rata nilai 76,1. Pelaksanaan tindakan siklus II juga mendapat peningkatan keberhasilan menjadi 100% peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan minimum dengan rata-rata nilai 83,3. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar sepak bola pada peserta didik kelas VII SMP.
Copyrights © 2023