Berdasarkan hasil observasi awal yang sudah dilakukan, dalam pembelajaran teknik dasar passing dalam permainan bola besar dan bola basket masih sangat kurang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola besar (bola voli dan bola basket) pada peserta didik melalui implementasi model Project Based Learning. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah peserta didik yang berjumlah 37 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan alur rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dari hasil belajar peserta didik menggunakan sistem pembelajaran Project Based Learning siklus I diperoleh pada materi Bola Voli dari hasil 62,2% menjadi 86,4% pada aspek pengetahuan dan 54,1% menjadi 83,8% pada aspek keterampilan, begitu juga pada siklus II pada materi Bola Basket dari hasil 62,2% menjadi 89,2% pada aspek pengetahuan dan 55,5% menjajdi 86,5% pada aspek keterampilan. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan rumus rata-rata yaitu pada aspek pengetahuan mencapai hasil 87,8% dan pada aspek keterampilan mencapai angka 85,15%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning dapat meningkatkan hasil belajar bola besar pada peserta didik. Begitu juga disarankan kepada guru PJOK dapat menggunakan model pembelajaran project-based learning (PjBL) karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam aspek pengetahuan begitu juga keterampilan.
Copyrights © 2023