Pembelajaran secara daring tentunya memerlukan berbagai media atau aplikasi dan beberapa alat elektronik seperti handphone atau laptop yang harus terhubung dengan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar PJOK pada materi teknik dasar passing bola voli, melalui implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dengan menggunakan platform Google Classroom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang terdiri dari 30 peserta didik dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 orang dan peserta didik perempuan sebanyak 15 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek pengetahuan prasiklus nilai ketuntasan adalah 85,7% dan pada siklus I menjadi 89,3%. Pada aspek keterampilan prasiklus nilai ketuntasan adalah 60,7% dan pada siklus I menjadi 85,9%. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Impelementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar PJOK pada materi teknik dasar permainan bola voli passing atas dan passing bawah. Implementasi model pembelajaran problem-based learning (PBL) berbasis blended learning pada mata pelajaran PJOK dinilai efektif. Untuk menciptakan kondisi belajar yang baik guru sebaiknya menyiapkan suatu model pembelajaran yang terkesan menarik dan menantang bagi peserta didik.
Copyrights © 2023