Maraknya penikmat roti (bakery) memberikan peluang bagi perusahaan yang bergerak dalam penjualan bakery untuk mengembangkan usaha mereka. Salah satu cara pengembangan yang dilakukan adalah dengan membuka cabang-cabang penjualan. Pemilihan lokasi sering kali dianggap sebagai hal yang sepele, padahal lokasi usaha sangat menentukan keberlangsungan dari usaha yang dilakukan. Untuk membangun lokasi usaha baru khususnya pembukaan cabang baru tidaklah mudah dikarenakan harus tepat, strategis dan efisien agar usaha tersebut dapat diterima dengan mudah oleh konsumen. Untuk pemilihan lokasi cabang dapat mempertimbangkan beberapa aspek, diantaranya aksesibilitas (kemudahan untuk diakses), visibilitas (kemudahan untuk dilihat), lingkungan sekitar dan persaingan. Penelitian ini mengadopsi metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) dalam sistem pendukung keputusan untuk mempermudah proses pemilihan lokasi cabang terbaik berdasarkan penilaian dari aspek-aspek yang telah ditentukan. Metode WASPAS merupakan metode yang dapat mengurangi kesalahan-kesalahan atau mengoptimalkan dalam penaksiran untuk penentuan nilai tertinggi dan terendah.
Copyrights © 2023