Journal of Management, Economic and Accounting (JMEA)
Volume 2 Issue 3 August 2023

Pengaruh Pendekatan Experiental Marketing Dan Mutu Pelayanan Terhadap Peningkatan Penjualan Di Indomaret Amplas : Studi Kasus Jalan Panglima Denai No. 5A Medan Amplas

Chyntia Putri Wijaya, Suhaila Husna Samosir (Universitas Muslim Nusantara AL-Washliyah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui Pengaruh Pendekatan Experiental Marketing Dan Mutu Pelayanan Terhadap Peningkatan Penjualan di Indomaret Amplas Amplas. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 91 konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil pembahasan nilai t hitung variabel Experiental Marketing (X1) sebesar 12.565 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.662. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 12.565 > 1.662, kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0.00 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X1 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai t hitung variabel Mutu Pelayanan (X2) sebesar 2.085 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.662. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 2.085> 1.662, kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0.00 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga variabel X2 memiliki kontribusi terhadap Y. Nilai f hitung 1148.552 > F tabel 2.48 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, dan X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Nilai R square (R2) atau kuadrat R menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0.963 atau 96.3%, artinya persentase berpengaruh antara Experiental Marketing dan mutu pelayanan terhadap penjualan. Sedangkan sisanya 3.7% dijelaskan oleh faktor lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jisc

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Published by CV. Pusdikra Mitra Jaya on a regular basis with the aim of disseminating the results of research, study, and development in the economic and financial fields, particularly in the field of 1. Management 2. Economy 3. Accounting 4. Taxation 5. Finance 6. Business law capital ...