Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE)
Vol 5, No 2 (2023): JULI

Kontribusi Nilai-Nilai Falsafah Dan Budaya Hidup Bangsa Jepang Bagi Kemajuan Pendidikan Jepang Pasca Perang Dunia II

Etmi Hardi (Universitas Negeri Padang)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Nurhizrah Gistituati (Universitas Negeri Padang)
Rusdinal Rusdinal (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Jepang yang hancur lebur dalam Perang Dunia II, dalam waktu relatif singkat mampu membangun kembali dirinya, sehingga menjadi salah satu kekuatan baru di dunia, baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, maupun ekonomi. Semua itu berhasil dicapai melalui sistem pendidikan mereka yang unggul dan berkualitas, hingga Jepang menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Artikel ini ditulis untuk menelusuri nilai nilai falsafah dan budaya bangsa Jepang yang berdampak terhadap kemajuan pendidikan di negara tersebut. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis library research (studi pustaka). Sumber data pada penelitian ini berasal dari berbagai literatur dalam bentuk buku, artikel (cetak dan online) yang berhubungan dengan tema penelitian, serta bahan dokumen berupa kebijakan yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Jepang. Temuan penelitian menemukan bahwa perkembangan pesat pendidikan Jepang tidak bisa dilepaskan dari nilai nilai falsafah bangsa Jepang yang bersumber dari ajaran konfusionisme. Disamping itu budaya Jepang Ganbatte Kudasai sebagai perwujudan dari filosofi Bushido ikut mendorong perkembangan pendidikan Jepang.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijsse

Publisher

Subject

Education Other

Description

Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE) memuat artikel dengan fokus penelitian dan pengkajian di bidang Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). p-issn 2655-6588 dan e-issn 2655-6278 . Jurnal ini diterbitkan oleh Insitut Agama Islam Negeri Bengkulu dua kali dalam setahun yaitu setiap ...