Tujuan daripada penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat bagi pemasaran daripada produk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Wilayah Kecamatan Wanareja Kabupaten Cilacap. Metode penelitian merupakan prinsip dan prosedur yang digunakan untuk mendekati masalah dan mencari data penelitian. Sedangkan metodologi penelitian dapat diartikan sebagai suatu pendekatan umum untuk mengkaji topik penelitian. Terkait dengan metode penelitian, maka penulis menggunakan jenis metode (pendekatan) deskripsi-kualitatif untuk mengkaji dan menelaah permasalahan dalam penelitian ini Hasil penelitian ini dapat disampaikan bahwa dalam menentukan sebuah strategi pemasaran perlu dipertimbangkan berbagai faktor pendukung, makanya peneliti menggunakan analisis SWOT secara keseluruhan baru kemudian menarik sebuah kesimpulan tentang strategi pemasaran. Secara umum strategi pemasaran yang dibutuhkan oleh bumdes adalah mengoptimalkan peluang kerjasama dengan pemerintah setempat dalam memenuhi kebutuhan operasional pemerintah desa dalam melaksanakan kegiatan pelayanan kepada msyarakat dan melaksanakan kegiatan pembangunan. Selanjutnya adalah mengoptimalkan produk lokal untuk menjadi Brandname dari pada produk Bumdes sehingga tercipta sinergitas perekonomian antara bumdes dengan usaha setempat. Kesimpulan terahir adalah memaksimalkan kerjasama dengan jaringan bumdes baik skala lokal maupun nasional, karena jaringa ini telah difasilitasi oleh pemerintah..
Copyrights © 2022