Dalam melakukan pengelolaan kelas seorang guru perlu memiliki keterampilan untuk mempertahankan kondisi pembelajaran yang kondusif sehingga dapat berpengaruh dengan baik pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji mengenai efektivitas pengelolaan kelas dalam menunjang hasil belajar pendidikan agama islam kelas X MA Al-Jihadiyah Sukatani-Cikarang. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengembangkan kondisi belajar mengajar yang dapat membantu menanamkan nilai agama pada diri peserta didik, serta dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengelola lingkungan belajar yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga tidak ada rasa bosan selama proses belajar mengajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi agar mendapatkan data valid dari guru mata pelajaran pendidikan agama islam kelas X MA Al-Jihadiyah Sukatani-Cikarang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru pendidikan agama islam kelas X MA Al-Jihadiyah Sukatani-Cikarang sangat memperhatikan pengaturan fasilitas yang ada di sekolah serta pengaturan cahaya dan ventilasi udara yang ada di kelas untuk memberi kenyamanan kepada peserta didik selama berada didalam ruang kelas ketika proses belajar mengajar berlangsung, yang nantinya kondisi ruang kelas yang nyaman ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2022