Waktu tunggu pasien di bagian pendaftaran rawat jalan merupakan potensi penyebab ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan. Jika waktu tunggu pelayanan lama maka akan mengurangi kenyamanan pasien. Begitu juga sebaliknya, jika waktu tunggu pelayanan cepat maka akan memberikan kepuasan yang tinggi bagi pasien yang berobat. Tujuannya untuk mengetahui hubungan waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. Jenis penelitian analitik ini menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 94 responden dengan teknik accidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner kepuasan pasien dan lembar observasi waktu pelayanan pendaftaran. Analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian ini diperoleh tingkat kepuasan pasien sebanyak 79 orang (84,0%) dan waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan kategori cepat sebanyak 49 orang (52,1%). Hasil uji statistik Chi-Square diperoleh p-value 0,008 (p<0,05) yang menunjukkan adanya hubungan yang bermakna antara waktu pelayanan pendaftaran rawat jalan dengan kepuasan pasien di RS Santa Elisabeth Medan tahun 2023. Diharapkan rumah sakit memberikan fasilitas penunjang (penambahan kursi ruangan untuk menunggu) dan ruangan khusus (rest area) untuk menunggu pelayanan kesehatan agar pasien tidak merasa bosan setelah waktu yang ditentukan
Copyrights © 2023