Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 13, No 3 (2023): Jurnal Administrasi dan Manajemen

Membangun Kepuasan Pelanggan Jamaah Umroh Melalui Aktivitas Komunikasi Pemasaran dan Persepsi Harga

Rahman, Syafiq Fadlu (Unknown)
Saggaff Shihab, Muchsin (Unknown)
Hammad, Hammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Studi ini bertujuan menganalisis bagaimana komunikasi pemasaran, kualitas layanan, dan persepsi harga memengaruhi kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan analisis faktor konfirmatori orde kedua dan partial least square (SOCFA-PLS), penelitian ini melibatkan 856 konsumen yang dipilih secara acak, dengan 90 responden. Temuan menunjukkan bahwa komunikasi pemasaran, kualitas layanan, dan persepsi harga secara signifikan dan sebagian memengaruhi kepuasan pelanggan. Penelitian ini mencapai daya penjelas yang tinggi sebesar 96,1%, mengindikasikan model yang kuat. Memperkuat strategi pemasaran melalui aktivitas komunikasi yang efektif menjadi penting untuk kepuasan. Selain itu, meningkatkan kualitas layanan memainkan peran vital. Persepsi harga, yang mencerminkan keadilan, juga berdampak pada tingkat kepuasan. Penelitian ini menekankan interaksi faktor-faktor tersebut dalam membentuk kepuasan pelanggan, memberikan wawasan berharga bagi bisnis untuk meningkatkan strategi dan pengalaman pelanggan. Kata kunci: Komunikasi Pemasaran, Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...