Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peningkatan pelayanan program three in one, mengetahui dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat peningkatan pelayanan program three in one, mengetahui dan menganalisis upaya dalam mengatasi faktor penghambat peningkatan pelayanan program three in one oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Poso Provisi Sulawesi Tengah. Teori yang digunakan yaitu W. Edward dan Joseph (dalam sedarmayanti, 2012) yang terbagi 7 (tujuh) jenis peningkatan pelayanan yaitu Understand Service Quality Improvement Needs, State The Quality Problem, Evaluate The Root Cause, Plan The Solutions, Do Or Implement The Solutions, Check The Solutions Result, Act To Standardize The Solutions. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data triangulasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Bupati Kabupaten Poso, Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi Umum, Kepala BAPPEDA Kabupaten Poso, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Kepala Sub Bidang Data, Camat Poso Kota, Camat Lore Barat, Tokoh Mayarakat, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, dan Tokoh Pemuda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa pelayanan Program KAKIKU SAKTI terus meningkat, hanya saja kurangnya pegawai dengan keahlian khusus serta kesadaran masyarakat dalam pengurusan dokumen kependudukan masih kurang menjadi hambatan dalam peningkatan pelayanan. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terus melakukan upaya perbaikan yang dapat mendukung peningkatan program KAKIKU SAKTI.
Copyrights © 2023