Tersebarnya Covid-19 yang terjadi dibelahan dunia salah satunya di Indonesiamenimbulkan kerusakan pada kesehatan tetapi juga berdampak pada ekonomi negara ini.UKM salah usaha mikro, kecil dan menengah memiliki dampak yang parah akibat Covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa jauh Covid-19 danakibatnya terhadap perekonomian di Indonesia, khususnya pada UKM. Karena UKMmerupakan andalan perekonomian. Survei yang dilakukan dengan metode pencarianliteratur ini menemukan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada pertumbuhan ekonomiIndonesia yang melambat (minus). Banyak UKM yang harus tutup karena berbagaimasalah yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Namun, pemerintah juga telahmengeluarkan berbagai pedoman untuk mendorong UKM supay tetap bertahan di tengahtengahCovid-19. Berbagai strategi diterapkan, antara lain strategi pemasaran mediasosial dan e-commerce. Strategi e-marketing dinilai mampu mendukung UKM dalampemasaran dan perluasan pasar dalam konteks pandemi Covid-19.
Copyrights © 2022