ABSTRAK E-commerce saat ini juga telah merambah pada produk pertanian, termasuk sayuran hidroponik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi bauran pemasaran sayuran hidroponik di Kebun Sehati yang menggunakan e-commerce dalam pemasarannya. Kebun Sehati sebagai pendatang baru dalam e-commerce sayuran hidroponik di Yogyakarta tentu saja memiliki kekuatan dan kelemahan, dan mempuyai peluang dan acaman dalam menjalankan bisnisnya. Bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, tempat, dan promosi menjadi faktor penting dalam bisnis ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini terdiri dari manajemen Kebun Sehati yang diambil dengan metode sensus, dan penentuan sampel konsumen dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah seluruh sampel dalam penelitian sebanyak 85 responden. Metode analisis untuk menentukan strategi pengembangan bauran pemasarara sayuran hidroponik di Kebun Sehati menggunakan analisis SWOT. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang tepat untuk pengembangan pemasaran sayuran hidroponik Kebun Sejati adalah strategi agesif yang meliputi: (1) Peningkatann variasi , dan kesegaran produk, serta pemberian garansi dengan memanfaatkan bantuan komunitas guna mempeluas pasar; (2) Menetapkan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas untuk memperluas pasar; (3) Mengunakan aplikasi di play store melayani konsumen yang melek teknologi informasi; (4) Melakukan promosi dengan atribut yang lengkap di berbagai media sosial untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan bahan pangan sehat. Kata kunci : E-commerce, sayuran hidroponik, bauran pemasaran, analisis SWOT
Copyrights © 2023