Penelitian ini bertujuan menganalisis preferensi, pola konsumsi dan permintaan teh celup konsumen rumah tangga di pasar modern Kota Bandar Lampung. Penelitian dilakukan di pasar modern Chandra, Super Indo, Indo Grosir, Fitrinope, Surya, Transmart. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dan. Responden penelitian ini bejumlah 66 konsumen rumah tangga yang diambil menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini analisis konjoin dan analisis regresi linear berganda. Penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2021. Hasil penelitian menunjukkan teh celup yang paling disukai oleh konsumen adalah teh celup dengan aroma teh hitam, warna merah kecoklatan, harga kurang dari Rp7.500/pak dan isi per pak 25 kantong teh celup. Atribut produk yang diaggap paling penting dan disusun secara beruturan yaitu aroma, warna, harga, dan ukuran. Jumlah kosumsi teh celup konsumen rumah tangga sebanyak 37,15 kantong/bulan, dengan frekunsi konsumsi 4 –12 kali dalam sebulan, teh celup diminum menggunakan gula pasir, dan alasan mengkonsumsi the celup yaitu aroma yang khas dan tidak ada ampas. Faktor yang berpengaruh nyata terhadap permintaan teh celup yaitu pendapatan rumah tangga dan jumlah anggota keluarga.
Copyrights © 2023