JURNAL KOMUNIKATIO
Vol. 9 No. 2 (2023): Jurnal Komunikatio

BRANDING DESTINASI PROVINSI RIAU SEBAGAI DESTINASI WISATA HALAL

Eka, Eka Fitri Qurniawati (Unknown)
Imam Riauan, Muhd AR (Unknown)
Putri, Indah Mardini (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2023

Abstract

Tingginya minat masyarakat melakukan perjalanan wisata membuat berbagai daerah khususnya Provinsi Riau memanfaatkannya dengan menghadirkan brand wisata halal. Hadirnya wisata halal membuat Pemerintah Provinsi Riau berupaya mengemas brand dengan strategi yang tepat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui branding destination yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata Provinsi Riau terhadap Provinsi Riau sebagai destinasi wisata halal. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan konsep branding dari Kotler yang memiliki tiga unsur yakni, brand identity, brand positioning dan brand personality. Subjek penelitian tiga informan yang diambil melalui snowball sebagai key informan. Teknik Pengambilan data yang digunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination branding Provinsi Riau sebagai destinasi wisata halal yang sudah dilakukan ialah brand personality dan brand identity. Brand personality dilakukan dengan pengembangan kawasan strategis di berbagai kabupaten di Provinsi Riau, yang mencakup natural wonders, culture wonders, sensory wonders, adventurous wonders. Sedangkan brand identity diwujudkan dengan adanya icon logo serta Tagline Riau the Halal Wonder yang masih belum muncul di masyarakat luas dan pengunjung objek wisata halal tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JK

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL KOMUNIKATIO (p-ISSN: 2442-3882 dan e-ISSN 2549-8002) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Ilmu Komunikasi dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan ...