Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial
Vol 6, No 1 (2023): Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial Juli 2023

PERAN MAHASISWA DALAM PENGEMBANGAN DESA MELALUI PERSPEKTIF COMMUNITY DEVELOPMENT

Nazmi Nur Alifa (Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD)
Ulya Salwa Shabihah (Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD)
Vina Vitrianty Noor (Program Studi Kesejahteraan Sosial FISIP UNPAD)
Sahadi Humaedi (Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2023

Abstract

ABSTRAKDesa memiliki berbagai potensi yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Mahasiswa dapat mempengaruhi dan menjadi penggerak dalam masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilannya. Mahasiswa dapat ikut berkontribusi dalam upaya melakukan perubahan dengan mewujudkan desa yang mampu menggali potensi akan sumber daya yang dimilikinya melalui pengembangan desa dan pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran mahasiswa dalam upaya pembangunan desa, khususnya melalui perspektif community development. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif jenis studi literatur atau studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan mahasiswa dapat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan masyarakat desa melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan penerapan metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Dalam konteks community development, KKN memungkinkan mahasiswa untuk menerapkan pendekatan yang berpusat pada masyarakat dalam merencanakan dan melaksanakan program-program pengembangan desa. Mahasiswa dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah, merumuskan solusi bersama dengan masyarakat, dan melibatkan mereka secara aktif dalam setiap tahap. Kata kunci: Mahasiswa, Pembangunan Desa, Pengembangan Masyarakat                                                                               ABSTRACTVillages have various potentials that need to be developed to improve the welfare of the community. Students can influence and become a driving force in society with their knowledge and skills. Students can contribute to efforts to make changes by realizing villages that are able to explore the potential of their resources through village development and community empowerment. The purpose of this research is to find out how the role of students in village development efforts, especially through the perspective of community development. The method used in this research is using qualitative research type of literature study or literature study. The results showed that students can play a role in the development and empowerment of rural communities through community service activities (KKN) by applying the Participatory Rural Appraisal (PRA) method. In the context of community development, KKN allows students to apply a community-centered approach in planning and implementing village development programs. Students can assist in identifying problems, formulating solutions together with the community, and involving them actively in every stage of development. Key word: Students, Rural Development, Community Development

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial merupakan jurnal ilmiah yang lebih diarahkan untuk memuat kajian dari praktik pekerjaan sosial dalam menangani dan mengelola berbagai potensi, hambatan, tantangan, dan masalah yang ada di masyarakat. Implementasi kegiatan layanan juga melibatkan partisipasi masyarakat ...